Tidak ada kebaikan SBY, yang ada Keburukan

1 Mar 2011

Berita yang dapat anda buktikan hanya dengan membutuhkan beberapa detik saja. Silahkan pembaca Indonesian Hot News melakukan pencarian di Google dengan kata kunci/keyword “kebaikan SBY” (tanpa tanda petik ).

apa yang muncul di awal pencarian. di browser saya hasil pecarian memberikan sugesti berikut di awal hasil pencarian :

Mungkin maksud Anda adalah: keburukan sby

Mmm, apa hasil pencarian anda? sama bukan? Fenomena apa kah ini?

apakah ada yang berusaha untuk menjatuhkan SBY dengan membuat sugesti seperti diatas, atau seperti yang diberitakan detik.com yang menyatakan google sentimen sama SBY (hehehe…).

Menurut pengamat Budi Raharjo, karena mesin pencarian google adalah mesin otomatis yang digerakan bot google maka hal itu bukan hal yang disengaja. bisa jadi banyak artikel yang memberikan title “kebaikan SBY” tapi ternyata isinya “keburukan SBY”.

Kemungkinan lainnya adalah pemasangan indeks dan kategori kata berupa keburukan SBY pada artikel atau berita internet berisi kebaikan SBY. Semua artikel di internet pada dasarnya mencantumkan indeks dan kategori. Karena itu, bisa jadi ketidaksesuaian pemasangan indeks dan kategori terhadap isi berita.

Sementara itu politisi Demokrat Roy Suryo menyatakan tidak heran ketika mesin pencari google malah menyodorkan kata keburukan SBY saat mengetik kata ‘Kebaikan SBY’.

Roy menilai ada seseorang yang memainkan Google sehingga bersikap demikian. Sebelumnya praktisi telematika dan dosen Fakultas Sains & Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, Abimanyu Wachjoewidajat mengutarakan
analisisnya. “Menurut saya yang sebenarnya terjadi adalah murni hasil telematika dimana bahwa algoritma pencarian Google adalah mencari persamaan huruf yang Anda cari, lalu dicocokkan dengan kumpulan kata yang ada pada database dan indeks yang terbanyak akan menjadi acuan,” paparnya.

pergerakan robot aja kok jadi dipolitisir sama roy suryo, Roy tidak bicara sebagai pengamat, tapi sebagai politisi yang sepertinya menjadikannya kesempatan bagi dia untuk membawa nama dia sebagai salah satu korban media internet.

Yang tahu tentang fenomena ini mungkin pakar-pakar SEO Indonesia yang bisa mengendalikan apa yang ada di page one google search engine.


TAGS Hot News umum info dunia sekitar kita


-

Author

Follow Me